Header Ads

Saka Pariwisata Kab. Pacitan Mendapat Apresiasi dari Kementerian Pariwisata

Acara Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Pancer Dorr hari ini 21 September 2016 berlangsung sukses dan meriah. Acara tersebut diawali dengan aksi sapta pesona melalui aksi bersih pantai pancer dorr yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat pacitan tidak terkecuali turut serta dalam kegiatan tersebut adalah kawan-kawan dari Saka Pariwisata yang didampingi oleh bapak Eko Waluyo selaku Pimpinan Saka Pariwisata Kabupaten Pacitan.



Dalam materi inti tentang Sadar wisata dan Sapta Pesona yang disampaikan oleh Kementrian Pariwisata dalam hal ini diwakili oleh Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dra. Oneng Setya Harini, MM memberikan kuis kepada peserta yang hadir. Pertanyaan dari kuis tersebut terkait tentang 7 unsur pengembangan dan pengelolaan daya tarik wisata (sapta pesona). Spontan, salah satu peserta dari saka pariwisata berinisiatif mengangkat tangan dan berkesempatan menjawab pertanyaan. Dan, keberaniaan yang ditunjukkannya dalam menjawab kuis diantara ribuan para peserta yang hadir tidaklah sia-sia. Atas jawaban yang tepat tersebut, hadiah berupa payung dan jam dinding berhasil dibawanya pulang. Tentu saja, kuis semacam ini bagi anggota saka pariwisata akan dengan sangat mudah dijawab, karena pembinaan dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sadar wisata serta ketrampilan praktis dibidang kepariwisataan (aksi sapta pesona) guna menumbuhkan kesadaran untuk membaktikan dirinya dalam pembangunan nasional melalui sektor pariwisata tidak hanya mereka hafalkan, tetapi juga mereka upayakan untuk diaplikasikan dalam aktifitas keseharian mereka.

Salah satu anggota Saka Pariwisata (kiri) saat menerima hadiah

Sekilas tentang Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona. Sadar wisata adalah sebuah kondisi yang menggambarkan kesadaran yang mendorong partisipasi dan dukungan masyarakat dalam mewujudkan iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di suatu tempat atau wilayah. Kemudian bapak Bupati mengharapkan masyarakat yang sadar wisata tersebut nantinya akan dapat memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai penting yang terkandung dalam Sapta Pesona, yakni, Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan dan Kenangan.
Foto bersama anggota Saka Pariwisata Setelah Aksi Bersih Pantai

Acara Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona kali ini juga dirangkaikan dengan Launching Aplikasi Android "GO PACITAN". tujuan launching aplikasi ini adalah untuk memudahkan warga masyarakat (wisatawan) untuk mengakses seluas-luasnya berbagai macam data dan potensi kepariwisataan yang ada di kabupaten pacitan melalui telephone seluler.
Untuk dapat menginstal aplikasi tersebut silahkan DOWNLOAD DISINI

No comments:

Powered by Blogger.