Header Ads

Membanggakan, Kontingen Pacitan Raih Juara 3 dalam Jambore Pemuda Indonesia Daerah (JPID) Prov. Jatim Tahun 2016

Apresiasi setinggi-tinggi nya pantas dianugerahkan kepada Kontingen Pacitan yang diwakili oleh 6 pemuda-pemudi berikut ini:
  1. Fajar Rohmat (PMII)
  2. Ferlin Diana Rinjani (PMII)
  3. Aminatun Fajariyah (PMII)
  4. Ahmad Fahmi Al-Fikri (Paguyuban Kethuk-Kenang)
  5. Abdulloh Nurrokhim (HMI)
  6. Wiranti (IPPNU)
dan 1orang pendamping dari KNPI atas nama Winaryo, yang telah membawa nama Pacitan berprestasi di kancah Provinsi dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia Daerah (JPID) Provinsi Jawa Timur Tahun 2016 yang digelar di Kabupaten Blitar, tepatnya di Lapangan Desa Semen, Kampung wisata Ekologi Puspo Jagad Kecamatan Gandusari mulai tanggal 16 sampai dengan 19 Oktober 2016.

Dalam kegiatan JPID yang dilaksanakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jawa Timur tersebut, dari 27 kontingen perwakilan kabupaten/kota se-Jawa Timur, Kontingen Pacitan meraih predikat sebagai Kontingen Terbaik 3, sedangkan Kontingen Terbaik 1 diraih oleh Kabupaten Banyuwangi, terbaik 2 diraih oleh Kabupaten Pasuruan dan harapan 1 diraih oleh Kota Kediri.

Pagi ini (kamis, 20 Oktober 2016), saat melaporkan hasil kegiatan sambil membawa oleh-oleh berupa trophy penghargaan yang diterima oleh Kabid Pemuda beserta staff di Disbudparpora , seluruh kontingen menyampaikan terimakasih atas dukungan dari semua pihak khususnya Disbudparpora atas kepercayaannya memberangkatkan kontingen mewakili daerah. Menanggapi hal tersebut Kabid Pemuda, Supitoyo menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh kontingen yang telah membanggakan Pacitan dalam partisipasinya di tahun ke 2 keikutsertaan Kab. Pacitan dalam JPID Jatim ini meski dengan persiapan yang sangat sederhana dikarenakan surat pemberitahuan dari panitia yang sangat mendadak, 3 hari sebelum pemberangkatan. Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah akan mengundang para peserta dan pendamping untuk menerima piagam penghargaan langsung dari Bupati Pacitan pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 88 tanggal 28 Oktober 2016 di Lapangan Pendopo Kabupaten Pacitan.
Dalam kesempatan tersebut juga para peserta banyak menyampaikan harapan supaya pemuda Pacitan bisa berkembang, pemerintah daerah melalui dinas terkait senantiasa memfasilitas kegiatan kepemudaan khususnya JPID sehingga tahun-tahun berikutnya pelaksanaan lebih baik lagi, bahkan nantinya Pacitan bisa menjadi Tuan Rumah JPID. Selain itu, Winaryo selaku pendamping menyampaikan, "Harapannya melalui Jambore pemuda ini, mari kita ukir prestasi bersama untuk kemajuan dan daya saing pemuda daerah dan NKRI pada umumnya".

 

Sekilas Tentang  Jambore Pemuda Indonesia Daerah (JPID) Provinsi Jawa Timur Tahun 2016

Jambore Pemuda Indonesia Daerah Jawa Timur pada tahun 2016 kali ini mengusung tema "Pemuda Jawa Timur Menjawab Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan Kemandirian, kewirausahaan, Tanggap dan Peduli".

Kadispora Jatim, Supratomo saat membacakan sambutan Gubernur Jatim sebagaimana termuat dalam website resmi Kominfo Jatim mengatakan, JPID digelar sebagai tindak lanjut atas adanya berbagai permasalahan bangsa yang memerlukan keterlibatan pemuda diantaranya terhadap ancaman karakter bangsa, faktor daya saing, dan faktor bonus demografi. Dalam menghadapi tantangan khususnya ancaman karakter bangsa, perlu diangkat budaya bangsa guna meneguhkan jati diri. Banyak budaya Jawa Timuran yang perlu digali nilai positifnya untuk dikembangkan guna menghadapi berbagai permasalahan bangsa. mulai dari sub budaya pandalungan, sub budaya arek yang egaliter, sub budaya osing, sub budaya mataraman yang santun, dan sub budaya tengger. Dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA) dalam perspektif peradaban bangsa dari wilayah Jawa Timur, MEA bukanlah konstelasi baru yang mesti dihindari, tetapi merupakan peluang untuk meneguhkan kembali daya saing imperium Mojopahit. "Oleh karena itu, kepada para peserta JPID tunjukkan jati diri kalian sebagai pemuda Jawa Timur pewaris semangat maha patih Gajah Mada yang memiliki jiwa petarung yang gagah berani." pungkasnya.


Lihat foto-foto lainnya --> Gallery

No comments:

Powered by Blogger.